Trading dengan Broker Terbaik

Pandemi semakin mempercepat laju CBDC

13 July 2021 ()

Penelitian Perusahaan Blockchain Eropa, Guardtime, telah menyimpulkan bahwa Pandemi saat ini mungkin telah mempersingkat laju Mata Uang Digital Bank Sentral (CDBC) hingga 5 tahun.

“Ada peningkatan rasa perlombaan mengenai bank sentral yang meluncurkan mata uang digital mereka sendiri, secara radikal dapat meningkatkan posisi negara dan mata uang mereka di panggung ekonomi global” ujar Kepala Strategi Guardtime, Luukas Ilves.

“Coronavirus tidak hanya mempercepat digitalisasi masyarakat, tetapi juga semakin mengubah cara kita menggunakan uang”

Luukas Ilves juga mengatakan karena banyak negara memberlakukan pedoman jarak sosial dan mendorong orang untuk tinggal di rumah, lonjakan transaksi online yang sesuai tampaknya telah membuat CBDC terlihat seperti solusi pembayaran yang lebih praktis.

Meskipun dia mengatakan langkah yang dipimpin pemerintah ke CBDC bisa lambat, bertahap dan terfragmentasi bank sentral, menunjukkan bagaimana transformasi digital dapat dilakukan dengan benar.

Pengembangan CBDC telah dipercepat hingga 5 tahun, juga tidak ada keraguan dalam pikiran kami bahwa bank sentral utama akan segera meluncurkan mata uang digital dan kami berharap ini terjadi dalam tiga tahun ke depan.

Dari ekonomi terbesar di dunia, Amerika, Cina, dan Jepang. Cina bisa dibilang memimpin untuk CBDC.

Di Amerika Serikat, ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pada bulan Mei pemerintah akan segera mengeluarkan makalah diskusi untuk mengeksplorasi implementasi dolar digital.

Bank of Japan juga telah memulai uji coba Yen Digitalnya yang dijadwalkan berakhir pada Maret 2022.

Menurut sebuah studi yang dirilis oleh raksasa konsultan PwC pada bulan April lalu, ada lebih dari 60 bank sentral yang saat ini mengeksplorasi CBDC, dengan masing-masing negara menghadapi tantangan unik untuk kemungkinan peluncuran.

Guardtime mengatakan beberapa kekhawatiran yang dihadapi bank sentral utama termasuk apakah CBDC akan memberikan keamanan finansial yang sama atau lebih besar daripada uang tunai fisik, dan apakah itu dapat menawarkan lebih banyak fungsionalitas daripada bank komersial yang ada.

Pengenalan mata uang digital bank sentral dapat mengubah tatanan ekonomi global, teknologi ini dapat membawa banyak manfaat seperti perdagangan yang lebih efisien, akses keuangan yang lebih besar bagi jutaan orang, dan pengurangan kejahatan, namun ada hambatan teknologi yang penting untuk diatasi terkait skalabilitas dan keamanan.

Tags : CBDC Central Bank Crypto Guardtime Kripto

    Random Forex Contents :

    Random Crypto Contents :

    Random Privacy Contents :