Trading dengan Broker Terbaik

Laporan baru Bank Sentral Eropa : Resiko Aset Kripto dapat mencapai Ambang Batas Sistemik dan mengancam Stabilitas Keuangan.

12 July 2022 ()

Laporan terbaru dari Bank Sentral Eropa / European Central Bank (ECB), telah menyatakan jika Resiko Stabilitas Keuangan dari Aset Kripto yang meningkat dapat mencapai Ambang Batas Sistemik dan mengancam Stabilitas Keuangan.

Berdasarkan Laporan :

Penyelaman mendalam ke dalam Resiko Keuangan Kripto: Stablecoin, DeFi, dan Resiko Transisi Iklim.

Prepared by Alexandra Born and Josep M. Vendrell Simón

Resiko Stabilitas Keuangan yang berasal dari Aset Kripto meningkat, dan Ekosistem Aset Kripto menjadi lebih Kompleks dan saling berhubungan.

Edisi Buletin Makroprudensial ini membahas secara mendalam Resiko dan Implikasi Kebijakan dari beberapa Segmen Pasar Aset Kripto.

Salah satu Elemen Sentral adalah Stablecoin, yang Pertumbuhan, Inovasi, dan kasus penggunaan Globalnya yang meningkat memerlukan Implementasi mendesak dari Kerangka Peraturan, Pengawasan, dan Pengawasan yang tepat sebelum keterkaitan lebih lanjut yang Signifikan dengan Sistem Keuangan Tradisional terjadi.

Segmen lain yang tumbuh cepat dalam Ekosistem Kripto adalah Keuangan yang terdesentralisasi / Decentralized Finance (DeFi), yang cara barunya menyediakan Layanan Keuangan tanpa bergantung pada perantara terpusat memerlukan Resiko Stabilitas Keuangan tertentu dan tantangan Peraturan. terakhir, masalah ini menyoroti Resiko Transisi Iklim untuk Sektor Keuangan yang berasal dari jejak Karbon yang Signifikan dari Aset Kripto tertentu seperti Bitcoin, dan mengusulkan langkah-langkah Potensial yang dapat diambil oleh Pihak berwenang.

Aset Kripto telah ada selama lebih dari satu Dekade tanpa memainkan Peran penting dalam Sistem Keuangan, namun terus berkembang.

Pada tahun 2008, seorang Pengembang Perangkat Lunak atau sekelompok Pengembang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto menyebarkan kode sumber yang menciptakan Bitcoin, dengan tujuan untuk menjadi Mata Uang Digital pertama yang terdesentralisasi.

Sejak itu, banyak Aset Kripto dan Ekosistem yang Kompleks berkembang di sekitar mereka telah muncul, mencakup Subsegmen dari Stablecoin hingga DeFi dan Non-Fungible Token (NFT).

Pertumbuhan Eksplosif mereka sejak akhir tahun 2020 dan meningkatnya keterkaitan dengan bagian lain dari Sistem Keuangan telah menyebabkan perdebatan Kebijakan Global yang sedang berlangsung tentang Relevansi dan Resiko Aset Kripto untuk Sistem Keuangan.

Resiko Stabilitas Keuangan dari Aset Kripto meningkat dan dapat mencapai Ambang Batas Sistemik.

Analisis terbaru oleh Dewan Stabilitas Keuangan /  The Financial Stability Board (FSB) dan ECB menunjukkan bahwa Sifat dan Skala Pasar Aset Kripto berkembang pesat.

Jika tren saat ini berlanjut, Aset Kripto akan menimbulkan Resiko terhadap Stabilitas Keuangan.

Pasar Aset Kripto dengan demikian perlu diatur dan diawasi secara Efektif.

Dislokasi di Pasar di mana Aset Kripto digunakan dapat memiliki efek limpahan pada Pasar Keuangan yang diatur tanpa adanya Intervensi Peraturan yang tepat waktu.

Sifat Lintas Batas dan Global dari Aset Kripto yang terus berkembang membutuhkan Pendekatan Holistik dan terkoordinasi di antara Pihak berwenang.

Edisi Buletin Makroprudensial ini membahas secara mendalam Resiko dan Implikasi Kebijakan dari beberapa Segmen Ekosistem Aset Kripto.

Sementara Aset Kripto utama yang tidak didukung seperti Bitcoin dan Ethereum terus menjadi Aset paling Populer di Dunia Kripto, jenis Aset Kripto lebih lanjut telah muncul dan berkembang pesat selama 2 tahun terakhir (Chart 1).

Ini telah menambah Kompleksitas dan Fungsionalitas baru dalam Ekosistem Aset Kripto.

Stablecoin, misalnya, telah menciptakan keterkaitan lebih lanjut dengan berfungsi sebagai Jaminan dalam Transaksi Derivatif Aset Kripto atau sebagai Penyedia Likuiditas di DeFi.

Pada saat yang sama, keterkaitan antara Ekosistem Aset Kripto dan Sistem Keuangan Tradisional telah tumbuh karena meningkatnya minat Institusional.

Mengingat Peran Sentral Stablecoin dalam Ekosistem Aset Kripto, Adachi dkk. (2022) menganalisis peran mereka di Pasar Aset Kripto dan kemungkinan Implikasinya terhadap Stabilitas Keuangan.

Stablecoin adalah unit Nilai Digital yang mengandalkan alat untuk mempertahankan kestabilan Nilai Relatif terhadap satu atau beberapa Mata Uang atau Aset lain (termasuk Aset Kripto), atau yang menggunakan Algoritma untuk mempertahankan kestabilan Nilai (disebut Stablecoin Algoritmik). 

Mereka dikembangkan untuk mengatasi Fluktuasi Harga Tinggi dari Aset Kripto yang tidak didukung seperti Btcoin dan Ethereum, dan Volatilitas harga yang relatif rendah menentukan Stablecoin untuk sejumlah fungsi di mana Properti ini diperlukan.

Namun, Peristiwa di Awal Mei, ketika Stablecoin Algoritmik TerraUSD jatuh dan Stablecoin terbesar (Tether) untuk sementara kehilangan Pasaknya, menunjukkan bahwa Stablecoin mungkin tidak begitu Stabil.

Dengan latar belakang Pertumbuhan Pesat Stablecoin selama setahun terakhir dan Kasus Penggunaan Global mereka yang meningkat, dan Potensi Penularan Resiko, Artikel ini berfokus pada Peran yang dimainkan oleh Stablecoin dalam Ekosistem Aset Kripto yang lebih luas dan seterusnya.

Fungsi penting yang dilayani oleh beberapa Stablecoin di Ekosistem Aset Kripto yang lebih luas dan untuk Aset Kripto yang tidak didukung dapat memiliki efek penularan bagi Sistem Keuangan jika di beberapa titik di masa depan Aset Kripto yang tidak didukung menimbulkan Resiko terhadap Stabilitas Keuangan.

Mengingat bahwa Stablecoin terbesar memiliki fungsi penting untuk Likuiditas Pasar Aset Kripto, hal ini dapat memiliki Implikasi luas untuk Pasar Aset Kripto jika ada kegagalan atau kegagalan salah satu Stablecoin terbesar.

Pada gilirannya, ini dapat memiliki Efek Penularan bagi Sistem Keuangan jika di beberapa titik di masa depan Pasar Aset Kripto menimbulkan Resiko terhadap Stabilitas Keuangan.

Pengerjaan Stablecoin juga dapat memiliki efek menular bagi Sistem Keuangan melalui Penebusan Aset Cdangan Skala besar, yang biasanya terdiri dari Aset Tradisional seperti Obligasi Pemerintah atau Surat Berharga.

Perkembangan yang terkait dengan Crash dari Stablecoin Algoritmik TerraUSD mencontohkan penularan dalam Ekosistem Aset Kripto.

Di tengah tekanan Pasar Aset Kripto berikutnya, harga Tether berada di bawah tekanan, dengan Stablecoin terbesar untuk sementara kehilangan pasaknya.

Tether menghadapi arus keluar besar lebih dari 10% dari Kapitalisasi Pasarnya, yang harus ditebus dengan melikuidasi Aset Cadangan.

Sementara itu, Stablecoin utama yang dijaminkan lainnya telah melihat arus masuk yang kecil.

Stablecoin tidak memenuhi apa yang dibutuhkan sebagai Alat Pembayaran Praktis dalam Ekonomi Riil

Sampai saat ini, Kecepatan dan Biaya Transaksi Stablecoin serta Syarat dan Ketentuan Penukarannya terbukti tidak memadai untuk digunakan dalam Pembayaran Ekonomi riil.

Selain itu, Penyedia Layanan Pembayaran Eropa sejauh ini belum terlalu aktif di Pasar Stablecoin, dan Aktivitasnya sangat bervariasi di antara Negara Anggota UE.

Kerangka Peraturan, Pengawasan, dan Pengawasan yang tepat perlu segera diterapkan, sebelum Stablecoin menjadi Resiko bagi Stabilitas Keuangan.

Resiko Stabilitas Keuangan dari Stablecoin di kawasan Euro saat ini masih terbatas, namun, jika tren pertumbuhan berlanjut pada kecepatannya saat ini, hal ini dapat berubah di masa depan.

Stablecoin yang ada perlu dibawa ke batas Regulasi dengan segera. Di UE, Peraturan Pasar dalam Aset Kripto (MiCA) yang diusulkan Komisi Eropa menandai tonggak sejarah yang signifikan.

Ini adalah Rezim yang dipesan lebih dahulu untuk Penerbitan dan Penyediaan Layanan yang terkait dengan Stablecoin dan Aset Kripto lainnya, dan berupaya untuk mengatur Ekosistem Aset Kripto secara Holistik dan Komprehensif, misalnya dengan menetapkan bahwa hanya Lembaga Uang Elektronik dan Lembaga Kredit yang diizinkan untuk mengeluarkan Stablecoin, dan menetapkan Otorisasi dan Persyaratan kehati-hatian untuk Penyedia Layanan aset kripto.

Ini harus dilaksanakan sebagai Hal yang mendesak.

Segmen lain dari Ekosistem Aset Kripto yang telah berkembang pesat selama setahun terakhir adalah DeFi, yang diambil oleh Born dkk. (2022) dalam Fokus Buletin Makroprudensial ini.

DeFi merupakan cara baru dalam menyediakan Layanan Keuangan, ini menghilangkan perantara terpusat Tradisional dan mengandalkan Protokol otomatis.

Untuk sebagian besar, itu tidak menciptakan Produk Keuangan baru, namun meniru yang disediakan di Pasar Keuangan Tradisional melalui Iinovasi yang didukung Teknologi.

Namun, Fitur tertentu seperti bagaimana Aset dipegang, bagaimana kepercayaan dihasilkan dan bagaimana Sistem diatur membedakannya dari keuangan Tradisional.

DeFi dalam banyak hal tunduk pada Kerentanan yang sama dengan Keuangan Tradisional, termasuk yang disebabkan oleh Leverage dan pengambilan Resiko yang berlebihan, ketidaksesuaian Likuiditas, dan keterkaitan.

Namun, Teknologi dan Metode Penyediaan Layanannya yang baru dapat memperkuat Kerentanan tertentu dan menimbulkan Resiko khusus tambahan.

Runtuhnya Stablecoin TerraUSD pada awal Mei menunjukkan beberapa Kerentanan ini, karena ukuran DeFi yang diukur dengan jumlah semua Aset Digital yang disimpan dalam Protokol DeFi (“total value locked”) turun drastis pada awal Mei.

DeFi perlu diawasi dan diatur secara Efektif.

Prinsip Panduan "Bisnis yang sama, Resiko yang sama, Aturan yang sama" harus berlaku untuk DeFi.

Kurangnya titik masuk Tradisional yang terpusat untuk Regulasi, dan sifatnya yang tidak jelas dan Anonim, menimbulkan tantangan bagi Pembuat Kebijakan dalam hal Penegakan dan Regulasi serta Pengawasan yang efektif.

Ketika Kerentanan mulai terbentuk, Pendekatan yang terkoordinasi secara Internasional diperlukan untuk mengurangi Resiko dari DeFi.

Ini akan memerlukan Analisis yang cermat untuk mengurai Kesenjangan Peraturan yang sebenarnya dari kurangnya Penegakan Hukum.

Di mana Kesenjangan Peraturan diidentifikasi, titik masuk yang Relevan untuk Peraturan serta Standar Peraturan diperlukan.

Gschossmann dkk. (2022) menangani Resiko Transisi Iklim sehubungan dengan Jejak Karbon Signifikan Aset Kripto tertentu.

Fungsi Aset Kripto tertentu (seperti Bitcoin) menggunakan jumlah Energi yang tidak Proporsional yang berbenturan dengan Kebijakan Lingkungan Publik dan Swasta serta tujuan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG).

Intervensi Pemerintah sangat mungkin terjadi. Pasar dan investor mungkin tidak menetapkan Harga yang tepat dalam Intervensi semacam itu.

Akibatnya, Resiko Transisi Iklim diperkirakan akan meningkat sejalan dengan meningkatnya Eksposur Sektor Keuangan terhadap Aset Kripto.

Sementara Pemerintah terutama bertanggung jawab atas Kebijakan, Lembaga Keuangan dan Pembuat Standar kehati-hatian juga memiliki peran untuk dimainkan.

Otoritas Publik harus mengevaluasi apakah jejak Karbon yang terlalu besar dariAset Kripto tertentu merusak Komitmen Transisi hijau mereka.

Investor harus menilai apakah berinvestasi dalam Aset Kripto tertentu sejalan dengan tujuan ESG mereka.

Lembaga Keuangan harus memasukkan Resiko Keuangan terkait Iklim dari Aset Kripto ke dalam Strategi Iklim mereka.

Untuk Pembuat Standar kehati-hatian, ada beberapa Opsi Peraturan untuk menentukan Persyaratan Kapitalisasi.

Ini berkisar dari Pendekatan Resiko Sensitif  dalam bentuk Resiko tertimbang tambahan hingga Pendekatan Pengurangan Modal untuk semua Eksposur baru ke Aset Kripto dengan Jejak Karbon yang Signifikan.

Laporan : https://www.ecb.europa.eu//pub/financial-stability/macroprudential-bulletin/html/ecb.mpbu202207_1~750842714e.en.html#toc1

Laporan ini tampaknya datang diantara waktu yang berdekatan dengan Wakil Ketua The FedLael Brainar yang menyerukan pentingnya Peraturan yang lebih baik untuk Sistem Keuangan Kripto, dan Organisasi Internasional Komisi Sekuritas / The International Organization of Securities Commissions (IOSCO) yang menerbitkan Kerangka Kerja untuk mengatur Sektor Kripto dalam beberapa tahun ke depan, serta Dewan Stabilitas Keuangan /  The Financial Stability Board (FSB) yang akan melaporkan kepada Menteri Keuangan G20 dan Gubernur Bank Sentral mengenai Peraturan dan Pengawasan terhadap Stablecoin dan Aset kripto lainnya pada bulan Oktober mendatang.

PENDAPAT PRIBADI

Pada bagian : “Kecepatan dan Biaya Transaksi Stablecoin serta Syarat dan Ketentuan Penukarannya terbukti tidak memadai untuk digunakan dalam Pembayaran Ekonomi riil.”

Setau saya untuk mendapatkan Stablecoin (terutama USDT), dan kemudian menggunakannya (kirim atau terima), sangat mudah dalam hitungan detik/menit (dalam lintas batas sekalipun), serta berbiaya sangat Rendah jika dibandingkan dengan Metode Konveksional.

*Tanpa mengesampingkan pengamatan para Pakar Keuangan terhadap Resiko Kripto.

Informasi Tambahan : USDT, Stablecoin yang diterbitkan oleh Tether, saat ini adalah Stablecoin terbesar di Dunia dengan Volume Transaksi yang mendominasi, disusul oleh Stablecoin USDC milik Circle, dan Stablecoin BUSD milik Binance.

Dan baru-baru ini juga Tether mengumumkan jika Perusahaan telah mengurangi Kepemilikan Kertas Komersial hingga hampir 60%.

HARGA BITCOIN SAAT INI : 

HARGA ETHEREUM SAAT INI : 

HARGA STABLECOIN USDT SAAT INI : 

HARGA STABLECOIN USDC SAAT INI : 

HARGA STABLECOIN BUSD SAAT INI : 

Tertarik untuk memiliki Aset Kripto BitcoinEthereum, atau Stablecoin USDT, USDC, atau BUSD ? Anda bisa membelinya di BinanceTokocrypto, dan Indodax, 3 Bursa Kripto yang saat ini paling banyak digunakan oleh Investor / Trader di Indonesia.

Atau tertarik untuk Trading Aset Kripto ? silahkan cek DISINI.

Tags : Bitcoin BTC Central Bank Crypto Decentralized Finance DeFi ECB ETH Ethereum European Central Bank Kripto Satoshi Nakamoto Stablecoin Terra Tether USDT

    Random Forex Contents :

    Random Crypto Contents :

    Random Privacy Contents :