Trading dengan Broker Terbaik

Perancis dan Singapura sedang menguji Transaksi CBDC Lintas Batas

11 July 2021 ()

Otoritas keuangan di Prancis dan Singapura secara aktif tengah mengeksplorasi aplikasi lintas batas mata uang digital bank sentral (CBDC).

Dalam pengumuman bersama pada hari Kamis lalu, Bank of France dan Otoritas Moneter Singapura (MAS) mengatakan bahwa mereka berhasil menyelesaikan seluruh eksperimen pembayaran dan penyelesaian lintas batas menggunakan CBDC dan teknologi blockchain.

Eksperimen CBDC dilakukan dengan dukungan dan keahlian dari divisi Onyx yang berfokus pada mata uang digital JPMorgan pada blockchain yang diizinkan dan diaktifkan privasinya berdasarkan infrastruktur blockchain Quorum bank investasi.

Sebagai bagian dari percobaan, Bank of France dan MAS mensimulasikan transaksi lintas batas dan lintas mata uang untuk CBDC berbasis dolar Singapura dan euro.

Sementara percobaan terbatas pada dua bank sentral, desain jaringan m-CBDC memungkinkannya untuk mendukung partisipasi beberapa bank sentral dan bank komersial yang berlokasi di yurisdiksi yang berbeda.

Percontohan ini juga telah menunjukkan interoperabilitas di berbagai jenis infrastruktur cloud dengan node blockchain yang disiapkan di seluruh infrastruktur cloud pribadi dan publik di Prancis dan Singapura.

Bank of France mencatat bahwa eksperimen tersebut adalah salah satu pencapaian terbarunya dalam program eksperimen grosirnya, yang akan selesai pada musim gugur 2021.

Chief fintech officer MAS Sopnendu Mohanty mengatakan bahwa perkembangan baru memungkinkan lembaga keuangan di berbagai negara untuk bertransaksi satu sama lain secara langsung dalam mata uang yang berbeda.

Eksperimen m-CBDC ini telah membuka jalan baru dengan mendesentralisasikan infrastruktur keuangan untuk meningkatkan manajemen likuiditas dan layanan pembuatan pasar.

Eksperimen CBDC terbaru menandai tonggak utama bagi pengembangan aplikasi CBDC lintas batas. Seperti dilaporkan sebelumnya, Onyx JPMorgan berpartisipasi dalam percontohan CBDC lintas batas untuk Bank Sentral Bahrain pada bulan Mei.

Megabank AS juga bermitra dengan bank terbesar Singapura (DBS) untuk meluncurkan perusahaan baru yang berfokus pada transaksi lintas batas untuk melengkapi pengembangan CBDC yang sedang berlangsung.

Tags : Blockchain CBDC Central Bank Crypto Kripto

    Random Forex Contents :

    Random Crypto Contents :

    Random Privacy Contents :